Senin, 18 November 2013

Festival Kuliner Jepara di Pasar Kerajinan



              Ada yang istimewa pada hari Sabtu dan Minggu di kampungku. Dua hari itu berlangsung sebuah acara unik dan istimewa di Pasar Kerajinan yang terletak di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Acara tersebut diberi nama “Festival Kuliner Jepara”. 

            Ada beberapa jenis kegiatan dalam paketacara tersebut,diantaranya yaitu: lomba memasak umum, lomba memasak nasi goreng oleh antar kepala desa, lomba fotografi, pameran kuliner home industry daerah Jepara, lomba joged, serta tampilan beberapa hiburan dari pemuda Jepara.

            Acara tersebut bermaksud untuk memperkenalkan makanan-makanan khas dari Jepara sekaligus menggali potensi kuliner yang unik dan khas.
karamel singkong
            Yang paling berkesan adalah kreatifitas para peserta lomba memasak, yang mencoba menyajikan kue-kue berbahan dasar dari bahan yang murah meriah namun mampu disulap menjadi sajian yang menggoda selera. Contohnya : Karamel dari bahan singkong, lumpia dari bahan singkong, steak dari kabu kuning, kripik dari bonggol pisang, dan masih banyak lagi. kebanyakan mereka menggunakan bahan non terigu dan non beras.
singsang cokelat (singkong pisang cokelat)
kripik bonggol pisang


            Sesi lomba masak ini juga dihadiri oleh Bapak Bupati Jepara, juga alah satu Bapak Pejabat DPRD. Bapak –bapak pejabat itu berkeliling melihat-lihat penganan –penganan unik dari satu meja ke meja lain. Mereka juga mendatangi meja demi meja pameran kuliner home industry yang bertempat di lantai atas gedung Pasar Kerajinan.
            Acara lomba masak yang berlangsung pada hari Sabtu itu ternyata juga didatangi oleh seorang artis nasional Mandala Saputra Koji. tak ayal hal ini membuat ibu-ibu dan remaja putri yang ada di tempat menjadi heboh, berebut ingin foto bareng atau sekedar ingin mengambil gambar artis tinggi putih ganteng tersebut.
berebut foto bareng Mandala
            Acara-acara perkenalan budaya Jepara seperti ini agaknya perlu sering-sering diadakan untuk memperkenalkan nilai-nilai lokal daerah kepada penduduk Jepara sendiri, juga kepada khalayak di luar Jepara, serta untuk mengasah kreatifitas dalam menemukan keunikan dan kebaruan yang diambil dari sumber lokal.
dihadiri banyak pengunjung

            salut untuk para penggagas dan panitia pelaksana acra tersebut. semoga berlanjut dengan ide-ide segar lain dalam rangka memajukan potensi dan budaya Jepara. Hidup Jepara!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar