Minggu, 27 Maret 2016

Liputan Acara Launching UMKM Center Jepara di Gedung JTTC

         Hari itu, Kamis, 24 Maret 2016, saya menghadiri undangan Launching UMKM Center di gedung JTTC (Jepara Trade and Tourism Center) di Rengging, Pecangaan , Jepara. Begitu datang, saya bertemu dengan beberapa teman blogger serta beberapa orang yang belum saya kenal sedang asyik berfoto. Tak urung, saya yang agak telat datang dibanding yang lain langsung tak mau ketinggalan, lari ikut pasang aksi di depan kamera. Senangnya bertemu tema-teman yang semangatnya muda terus. 
Acara Launching UMKM Center Jepara di Gedung JTTC

            Tak lama, kami antre mengisi daftar hadir dan masuk ke ruangan, Acara pun segera dimulai. Acara dibuka oleh pembawa acara yang ternyata teman kami yang aktif di kelas English PERPUSDA, yaitu Mbak Kartika Sari. Setelah membacakan susunan acara dan membuka acara, Mbak Sari mempersilakan Ketua KADIN, Bapak Abdul Kohar untuk menyampaikan sambutan pertamanya.
Antre mengisi dftar hadir

            Setelah sambutan pertama, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Andang Wahyu Triyanto.  Sambutan ke tiga yang cukup menyegarkan suasana karena diselingi dengan gurauan, disampaikan oleh Bapak Edi Jatmiko yang mewakili Pemerintah Kabupaten Jepara. Hadir juga Ketua KADIN Jawa Tengah, ketua KPP Pratama Jepara Bapak Endaryanto, serta Bapak Taryoko dari Kandatel PT Telkom.
         Berikut ini hal yang mendasari diluncurkannya UMKM Center yang bertempat di Gedung JTTC itu juga, yaitu di Jl. Raya-Jepara Kudus KM. 11,5, Rengging, Pecangaan, Jepara, sesuai dengan Press Release oleh Dewan Pengurus KADIN Jepara:
          Di Jepara terdapat banyak pelaku usaha yang merupakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan aneka bentuk usahanya. Dan cukup disayangkan dari data statistik (BPS, 2012) diketahui bahwa 98% UMKM didominasi oleh pelaku usaha yang tingkat orientasinya masih pada bertahan hidup (survival), dan belum pada orientasi untuk tumbuh dan berkembang (enterpreneurial). Oleh karena itu, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jepara, sekaligus meningkatkan perkembangan UMKM yang berdaya saing tinggi, maka KADIN Jepara meresmikan program “UMKM Center (UMKMC) KADIN Kabupaten Jepara.” Program tersebut juga merupakan upaya KADIN Kabupaten Jepara dalam memenuhi amanat Undang Undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri yang mewajibkan KADIN sebagai wadah pelaku usaha dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 
            Menurut Bapak Abdul Kohar, bahwa prinsip kerja UMKM Center KADIN Kabupaten Jepara ada tiga , yaitu:pendirian klinik usaha, forum edukatif UMKM, dan pembiayaan mikro. Sedangkan kegiatan pokoknya berup: informasi bisnis, pelatihan dan kosultasi, fasilitas permodalan, pusat promosi, galeri pameran, dan kontes kreatif. 
          Kepala KPP Pratama Jepara, Bapak Endaryono menyelipkan penjelasan tentang pentingnya membayar pajak bagi para pelaku usaha, khususya UMKM. Tidak perlu khawatir akan sulit baik dalam penghitungan ataupun pembayaran, karena sekarang ini sistem pelayanan pajak makin canggih. Mau coba menghitung sendiri pajak yang harus dibayarkan? Siapa bilang tidak bisa? Sekarang ini ada aplikasi internet untuk menghitung jumlah pajak. Juga untuk pembayarannya, bisa menggunakan cara online tanpa harus repot. Menurut Bapak Endaryono, pajak yang beliau bayarkan setiap bulan mencapai  lima juta rupiah. Sedangkan jika melihat para pengusaha Jepara yang penghasilannya besar dengan rumah- rumah yang amat mewah, pajak yang mereka bayarkan hanya sekitar 100 hingga 200 ribu rupiah. Tentu itu sangat ironi atau istilah jawanya njomplang jika dibanding dengan  penghasilan setiap bulannya. 
              Bapak Taryoko dari PT Telkom memberikan penjelasan tentang dukungan Telkom terhadap UMKM di bagian sambutan yang terakhir. Beliau menyebutkan beberapa permasalahan UMKM yaitu: akses pada pasar, akses ada teknologi, akses pada skill, dan akses pada kapital atau financing. PT Telkom ingin berperan dalam upaya pengembangan UMKM, dengan visi: We need to take part  in this digital world. Salah satu produk andalan Telkom adalah toko online dengan alamat URL service-store.com yang bisa dipakai untuk mengupload dan mempromosikan produk UMKM. 

Program Kegiatan UMKM Center

        Akhirnya tibalah kami pada acara paling penting, yaitu pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya program UMKM Center dari KADIN Jepara di gedung JTTC Rengging, kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Hampir semua tamu yang hadir langsung mendekat ambil posisi utuk mendapatkan gambar terbaik dalam mengabadikan momen penting ini. Dan sejak hari Kamis tangga 24 Maret 2016, UMKM Center di gedung JTTC Rengging resmi dibuka dan selanjutnya akan berjalan sebagai pendamping dan pembina pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Jepara. 
Saatnya pemotongan pita sebagai tanda peresmian UMKM Center 


            Setelah pemotongan pita, acara  pun ditutup, dan dilanjutkan dengan istirahat dan makan siang. Senang bisa hadir dalam acara peresmian UMKM Center ini. Senang juga bisa berkumpul dengan teman-teman dari Jepara Blogger Comunity serta dari Forum Lintas Komunitas Jepara. Kami pun kembali selfi di depan kamera dengan berbagai pose. Kebetulan, saya bertemu dengan seorang kenalan dari dunia maya, yaitu Mbak Femy Noviyanti, seorang wartawan yang pernah mewawancarai saya sebelumnya saat buku ke tiga saya terbit. Kami pun langsung mengabadikan pertemuan itu dengan selfi juga. Lau saya kenalkan ia dengan teman-teman blogger Jepara, dan sempat wawancara sebentar dengan seorang blogger Mbak Susi Ernawati, setelah makan siang. 
            Alhamdulillah, semoga program UMKM Center ini berjalan dengan baik, dan membawa manfaat yang signifikan bagi perkembangan UMKM di Jepara. Semoga UMKM tak hanya menjadi usaha yang sekedar bertahan hidup, tapi benar -benar sebagai aktifitas interpreuneurship yang maju. Aamiin.

Beginilah para blogger dan anggota Folkom Jepara kalau ketemu kamera

Reaksi:

3 komentar:

  1. saya dulu pernah ke Galeri Pemda Jepara yang di Radio Dalam
    apa sama dg yg di UMKM ini ya?

    BalasHapus
  2. wah dengan launchingnya umkm di jepara ini bisa lebih membantu para usaha kecil menengah. semoga semuanya bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  3. Wah, moga dengan adanya program ini, pengusaha kecil dan menengah di Jepara makin maju dan sukses :)

    BalasHapus