Kamis, 24 Maret 2016

Mas Hasan, Sang Pendongeng Ulung

Den Hasan, begitu nama beken seorang laki laki kreatif yang tinggal di Kecapi, Jepara tersebut. Ia termasuk manusia kreatif di Jepara. Dengan Taman Baca Ilalang yang telah ia dirikan secara mandiri itu ia mencoba menularkan ide ide kreatifnya pada anak anak kampung di sekitar rumahnya.


Mas Hasan yang  low profile
Alumni  UNISNU Jepara ini mengatakan bahwa ia ingin agar masyarakat Jepara sadar akan pentingnya membaca. Selama ini ia meminjakan buku buku koleksi pribadinya, serta ada beberapa buku sumbangan dari teman temannya. Ia belum sempat mengajukan permohonan bantuan dana maupun buku buku kepada pemerintah atau instansi swasta.
Kegiatan di Taman Baca Ilalang tak hanya membaca, tapi juga kegiatan kreatif lain, seperti: mendongeng, latihan teater, pembuatan film pendek, dan lain lain. Taman Baca Ilalang juga telah memiliki fanspage di media sosial Facebook sebagai media dalam sosialisasi maupun informasi kegiatankegiatan Taman Baca Ilalang.
Selain sebagai pendiri Taman Baca Ilalang, Mas Hasan juga seorang pendongeng hebat. Dengan gaya mendongengnya yang atraktif, ia mampu menarik perhatian anakanak sehingga seolah olah terbawa dalam alur cerita yang dibawakan Mas Hasan. Seperti malam itu, Sabtu tanggal 19 maret 2016, saya sempatkan menyaksikan aksi Mas Hasan mendongeng. Ia tampil di sebuah warung bernama “Warung Menthog Ma’ijah” yang lokasinya di dekat pertigaan Purwogondo menuju lapangan kenari.  Di warung dengan dominasi back ground warna hijau itu, anak anak kelihatan sangat antusias mengikuti kisah yang disampaikan Mas Hasan. Sesekali mereka tertawa terbahak bahak, sesekali terlihat ngeri mendengar bagian cerita yang seram. Sedangkan Mas Hasan sendiri seolah telah menjelma menjadi tokoh dalam ceritanya itu, tanpa ragu tanpa malu.Setelah mengakhiri cerita, tepuk tangan bergema dengan meriahnya dari anak anak. Rupanya mereka puas dengan dongeng Mas Hasan. “Besok lagiiii!” kata beberapa orang anak.

Mas Hasan mendongeng, anak anak ceria
Anak anak antsias

Makin malam makin asyik

Mendongengnya di Warung Menhog Maijah, Purwogondo Jepara
Pemilik Warung Maijah

Demikianlah Mas Hasan. Ia ingin sekali memberikan pesan pesan baik pada anak anak melalui dongeng. Ia akan sangat senang jika ada teman teman terutama pembina taman baca untuk kerjasama mengadakan acara mendongeng untuk anak. Saya, yang kebetulan beberapa waktu lalu memegang Taman Baca Pelangi Cita (empat tahun), ingin sekali suatu saat mengumpulkan anak anak untuk melihat aksi Mas Hasan mendongeng di taman baca. Tunggu tanggal mainnya ya Mas, doakan saya bisa buka taman baca itu lagi. Bukan mimpi yang salah kan? Doakan dalam waktu dekat, saya pun sesungguhnya hampir tidak sabar.
Saya sendiri, selain pengen mengundang Mas Hasan buat mendongeng, juga pengen kerjasama untuk kegiatan lain, seperti membuat film. Ahaha..., saya memang terlalu banyak mimpi. Gak pa pa ya Mas, kalau bisa bantu saya, InshaAllah masuk surga, hehe. Aamiin...
          Oya, Mas Hasan ini masih tergolong pengantin baru. Usia pernikahan baru beberapa bulan. Istrinya cantik dan imut, tapi...gak mau difoto. Haduuh, kebalikan saya, kalau liat kamera langsung lari mendekat. Ternyata, setelah ngobrol sana sini, ternyata kami memiliki beberapa teman yang sama, yang juga kebetulan tak jauh dari dunia menulis dan seni. Dan, yang unik, ternyata kami ditemukan lagi di warung sepupu saya, Warung Menthog Ma’ijah ini. ternyata lagi, sepupu saya yang bernama David Kurniawan atau biasa dipanggil Mas Wawan ini juga belum lama kenal, persis kayak saya yang baru kenal Mas Hasan di acara pernikahan seorang penulis media online Soeara Moeria Online bernama Syaiful Mustaqim. Oh...dunia emang sempit ya Mas...

          Oke...itulah sekilah kisah antara saya dan Mas Hasan, eh! Bukan, maksudnya kisah tentang Mas Hasan, seorang pendongeng dan pemilim Taman Baca Ilalang, salah satu orang kreatif Jepara. Sukses ya Mas.... J
Yummy...Menthognya iktan selfie dong




6 komentar:

  1. Waaah, pendongeng tuh profesi yang langka yaaa. Emang harus dari minat plus bakat juga ya Mak. Salut untuk visi misinya Mas Hasan, semoga sukses ya Mas Hasan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya jg baru kali ini kenal dengan seorang pendongeng yang total dalam menjiwai cerita di Jepara

      Hapus
  2. Aku belum berhasil melihat perform Mas Hasan Mbak. Semoga tak lama lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan taman bacaku bisa jalan lagi, ntar mbak Susi takundang wkt mas hasan tampil, hehe

      Hapus
    2. Doakan taman bacaku bisa jalan lagi, ntar mbak Susi takundang wkt mas hasan tampil, hehe

      Hapus
  3. blognya bagus mbak, terasa adem dan nyaman. Kalo punyaku terlalu ramai ... hehe .. *salahfokus

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

[Catatan Ramadhan ke Dua] Inilah Kisah Dibalik Terbitnya Novel Terbaruku: "Serpihan Asa"

        Alhamdulillah… menulis lagi di blog. Alhamdulillah… kali ini aku ingin sedikit bercerita tentang novel terbaruku yang terbit sebaga...